Friday, February 12, 2016

Manfaat Lari Siang Hari untuk Kesehatan Tubuh

Lari adalah kategori olahraga yang sangat sederhana, praktis, dan ekonomis. Kok Bisa Gan? Sebab olahraga lari tidak memerlukan banyak peralatan layaknya cabang olahraga yang lainnya. Kita hanya memerlukan sepatu dan pakaian nyaman saja untuk melakukan olahraga lari pada siang hari. Lari siang ini mungkin kalau menurut sebagian orang akan takut terkena sinar matahari yang sangat panas dan menjadikan kulit menjadi hitam, tetapi itu semua bisa di hindari dengan memakai topi, jaket yang bisa melindungi tubuh dari pancaran sinar matahari.

Manfaat Lari Siang Hari
Gambar lari siang hari (sumber : google.com)

Disebut sebagai olahraga yang praktis karena lari dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, lama waktunya pun juga bisa disesuaikan dengan waktu luang kita. Walaupun begitu, manfaat lari untuk kesehatan tidak dapat diragukan, sebab pada kenyataannya dengan melakukan rutinitas olahraga lari pada siang hari.

Manfaat Lari Siang untuk Kesehatan :

Baik untuk Lutut
Beberapa masalah seperti rematik bisa jadi menyerang Anda. Ini disebabkan karena kurangnya pelenturan pada otot-otot. Melakukan lari-lari setiap hari adalah tindakan yang tepat untuk menjaganya. Tidak hanya menjaga bentuk tubuh lho, tetapi berlari pun dapat menolong sendi tetap dilumasi dengan baik dan bebas dari rasa sakit.

Jantung Sehat
Berlari secara teratur dapat memastikan pengurangan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Dengan berlari Anda akan menarik nafas dalam-dalam dan memasukkan banyak oksigen ke dalam tubuh. Ini akan menjadi latihan yang baik bagi jantung dan menjaga tubuh tetap energik.

Menurun Berat Badan
Berjalan memang bertujuan untuk menjaga berat badan Anda sedangkan berlari itu untuk memangkas lebih banyak berat badan sehingga menciptakan penurunan dalam jumlah besar. Inilah latihan kardio yang dapat membakar kalori dan juga membantu mempercepat metabolisme.

Menekan Stres
Berlari akan memberikan rasa kebebasan dan dapat membawa Anda ke tempat-tempat berbeda. Inilah mengapa berlari di luar ruangan dipandang sebagai salah satu anti-depresan.

Mengurangi Risiko Penyakit
Berlari sudah seharusnya dapat mengurangi risiko yang mengancam kesehatan seperti kanker, obesitas, dan asma. Secara umum menjadi seorang pelari dapat membuat anda menjadi lebih sehat.

Meningkatkan Stamina
Berlari dapat meningkatkan kekuatan paru-paru. Banyak manusia yang menggunakan paru-paru hanya sekitar seperempat dari kapasitasnya. Nah, ketika berlari, paru-paru akan mengembang dan bekerja lebih keras. Ini akan membuat Anda bernafas lebih baik dan meningkatkan seluruh stamina.

Meningkatkan Konsentrasi
Ketika berlari, Anda berkonsentrasi pada jalan yang sebelumnya dilewati. Hal ini membuat banyak pelari percaya bahwa dengan berlari sama seperti melakukan meditasi. Karena hal ini dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi mereka.

Inilah penjelasan tentang manfaat  lari siang hari untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui agar selalu di jadikan kebiasaan yang harus rutin agar selalu sehat dab terjangkau dari berbagai penyakit yang merugikan kesehatan tubuh kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Lari Siang Hari untuk Kesehatan Tubuh